Kamis, 22 September 2011

MOMENT OPUS (Orientasi Pengenalan Kampus )

OPUS (ORIENTASI PENGENALAN KAMPUS)

Tanggal 19,20,21 September 2011 STMIK NH Jambi, melaksanakan OPUS ( Orientasi Pengenalan Kampus). Banyak sekali yang dilakukan disana. Pengertian OPUS sendiri adalah pengenalan yang dilakukan setiap tahun untuk mahasiswa baru yang masuk ke perguruan tinggi untuk mengenal kampus dan teman-teman yang ada pada satu kampus, semua sekolah tinggi dan univ. selalu melakukan OPUS atau biasa dikenal dengan nama OSPEK.Saya adalah salah satu MARU ( Mahasiswa Baru ) yang mengikuti OPUS ini. Pada hari pertama yaitu tanggal 19 saya dan yang lain berkumpul diruangan yang terletak dilantai tiga, disana ada beberapa ruangan yang dipakai buat acara OPUS ini. Pada hari itu kami diberikan pengarahan tentang OPUS, peraturan OPUS, dan atribut yang harus dipakai pada saat OPUS. Peraturan yang ditetapkan dari panitia adalah sebagai berikut :
1. Jam 05.30 wib peserta sudah ada di pos masing-masing
2. Peserta tidak boleh membawa motor, hp, dan memakai perhiasan yang berlebihan bagi yang perempuan.
3. Peserta dilarang membawa senjata tajam dan narkoba.
4. Bagi peserta yang tidak dapat hadir, diwajibkan memberikan surat keterangan izin.
5. Bagi yang tidak dapat hadir pada waktu OPUS tanpa keterangan tidak diberikan sertivikat dan tidak diperbolehkan mengikuti sidang sekripsi.
6. Bagi peserta yang melanggar akan mendapatkan sanksi.
peraturan ini udah umum ya bagi univ. atau sekolah tinggi lain.

Hari ke-2 dan ke-3 kami dikumpulkan pada pos masing-masing. Pos-posnya antara  lain : Apotik Sipin, Hotel Marisa, Hidayatullah, gotong royong. Di pos masing-masing kami diperiksa kelengkapannya. Bagi yang tidak lengkap dihukum. Hari ke-2 saya bebas dari hukuman karena lengkap, hari ke-3 saya kena hukuman skot jump karena saya tidak membawa salah satu atribut yaitu permen dengan tulisan jadianlah, bebas, mimpiku. Jadilah olahraga pagi-pagi pikiran saya Cuma itu. Ternyata sampai dikampus hukumannya parah. Disuruh nyanyi, angkat kaki sebelah dengan tangan dikuping, lari ditempat. Dan pas masuk kedalam kampus anak perempuan disuruh manjat pagar, temen saya ada yang mau nangis waktu disuruh manjat tapi gak bisa. Bagi yang laki-laki disuruh jalan sambil jongkok. Gak habis sampai situ lho didalam kami masih dapat yang lebih parah lagi. Kami semua nyebutnya CIPUS. saya punya pengalaman waktu dihukum CIPUS sama kakak panitia, diarea parker yang jalan tanpa alas aja rasanya kasar banget, apalagi dahi yang nempel rasanya gak enak banget. Posisi CIPUS itu seperti orang sujud waktu sholat dengan dahi nempel dilantai dan posisi kedua tangan dibelakang dengan mengucapkan “saya cinta kampus” sebanyak yang diinginkan panitia. Itu terjadi setiap ada yang tidak mau ikut peraturan panitia dan membantah panitia. Gak terlalu sulit sebenarnya OPUS itu jika kita ikutin dengan senang hati dan mengikuti peraturan.  Namanya juga hukuman pasti gak enak apalagi kalau sendiri. Tapi untungnya rame-rame.

Selain diatas masih  Banyak hal yang saya dapat dari kegiatan ini , banyak kenalan teman tentunya, ketemu sama orang yang udah lama banget gak ketemu, tambah wawasan dari presentasi berbagai UKM dikampus. Saya sangat senang ketika mendengarkan presentasi dari para senior dari berbagai UKM, UKM ( Unit Kegiatan Mahasiswa )merupakan organisasi yang dibentuk sesuai dengan apa yang kita perlukan, di STMIK NH Jambi terdapat 6 UKM yaitu
- Olah raga,
-KSR PMI( kegiatan sosial),
-FORKALAM (Forum Kajian Islam) Al-Khafi,
-MAKOPALA Dimitri,
-KREASISTIK (Kreasi Mahasiswa STMIK),
-IPTEK ( Ilmu Pengetahuan dan Komputer )
UKM ini membantu kita untuk berorganisasi bukan hanya kuliah yang pergi pagi habis jam kulisahnya langsung pulang dan tidur. Selain mendengarkan Presentasi kami juga melakukan berbagai game seperti gajah(jongkok),semut(berdiri), jerapah(rukuk),tepuk semangat dll. Kalau gak bisa dihukum disuruh  goyang or dance.

ini adalah beberapa foto saya bersama kakak-kakak panitia OPUS STMIK :