Minggu, 21 Agustus 2011

BERPIKIR DEWASA ITU PENTING


BERPIKIR DEWASA ITU PENTING

“Gak penting banget buat ngurusin hal yang gak pasti” itu kata-kata kalau udah malas banget ngomong tentang sesuatu, tapi bagi aku  dari hal yang gak pasti itu lah jadi pasti…….
kalian tahu bahwa gak selamanya orang akan terus berpikir dewasa, malah anak yang baru beranjak remaja bisa lebih berpikir dewasa ketimbang orang yang udah bisa dibilang dewasa dan tetep berpikir picik dan cetek ( kasar juga sih)….  Tapi itu lah manusia, aku sendiri masih berpikir bahwa aku sendiri belum dewasa, karena aku masih pake ego dank eras kepala, tapi itu dulu ….. sebelum aku merasa kehilangan orang yang aku sayank dibawah orang tuaku….
aku bukan orang yang mau ngalah kalau merasa bahwa aku benar padahal aku yang salah, dan kini aku berbagi cerita tentang perlunya berpikir dewasa dalam menghadapi setiap hal yang muncul dalam setiap detik perjalanan hidup. Aku telah berumur 19 tahun, aku bukan lagi anak abu-abu yang memakai otok ketimbang otak, memakai ego ketimbang hati dan mengalah. Masih ingatkah kalian tentang pepatah “ mengalah bukan berarti kalah” justru kita lah pemenang jika kita bisa mengalah. Tapi bukan bearti kita akan selalu mengalah. Kadang seseorang s’lalu ingin dimengerti, tapi dia gak mau ngertiin, inilah egois. Selalu merasa benar dan tak mau disalahkan. Biasanya egois dan keras kepala sangat berhubungan. Pada saat kalian merasa bahwa teman, pacar, sahabat dan orang tua sekalipun sering kali bersikap seperti itu, biasanya orang itu selalu memaksakan kehendaknya kepada orang lain.
contohnya : orang tua yang menginginkan anaknya menjadi apa yang mereka mau, tapi tidak memikirkan bagaimana sang anak. Pastinya sang anak tidak menerima dan mencoba membantah. Tapi terkadang pilihan orang tua gak selamanya salah lho, misalnya aja orang tua ingin anak nya menjadi dokter sedangkan anaknya ingin menjadi seorang pilot ( ini contoh anak laki-laki ya!). sang orang tuanya sudah mendaftarkan sang anak kesebuah univ. kedokteran yang bagus. Sedangkan sang anak sama sekali tidak tahu itu. Apa jadinya? Anak akan marah dan tetap ngotot untuk ikutin apa yang dia mau. Dan ujung-ujungnya orang tua akan marah dan mengancam jika sang anak tidak mau masuk kedokteran, anak tersebut harus membiayai kuliahnya sendiri. Karena sang anak masih berpikir apa yang dia pilih adalah benar, dia memilih untuk pergi dari rumah untuk mengapai apa yang dia mau. Kalian tahu kan akhirnya gimana??? Orang tua mencabut semua fasilitas dan kehilangan sang anak dan sang anak kebingungan mau bagaimana. Inilah akibat keegoisan orang tua dank eras kepala sang anak. Bukannya jadi baik malah jadi berantakan. Apa yang seharusnya orang tua lakukan ??
1. Jika orang tua ingin anaknya menjadi apa yang mereka mau, harus ada pendekatan tentang kemauan sang anak tersebut.
2. Jangan sekali-sekali memakai kata-kata kasar ketika sang anak bilang tidak mau, itu hanya akan mengakibatkan anak lebih memilih menyingkir.
3. Kita sebagai anak juga harus mau mendengarkan orang tua. Apa alasan mereka mengingkan anak jadi apa yang mereka mau. Simple kok orang tua hanya ingin yang terbaik buat sang anak. Tentunya mereka tidak ingin anaknya salah memilih jalan kehidupan.
4. Orang tua harus memahami karakter anak dan mau mendengarkan sang anak. Ketika sang anak melakukan kesalahan dalan memilih orang tua berusaha menjadi teman dan sahabta bagi anaknya.
5. Jika orang tua dan anak saling mendengar dan memahami tentang sebuah pilihan itu, insya allah semua akan berjalan mulus dan terbaik akan menjadi milik bersama.
6. Berpikir lebih luas tentang sesuatu itu sangat penting. Agar tidak ada kesalahan dalam memilih.

keegoisan seseorang hanya akan membuat kehancuran, apalagi orang itu mempunyai sifat keras kepala dan sangat egois, yeaah seperti aku. Aku petik hikmah selama berpisah dari seseorang yang aku sayank(bukan ortu ya). Kalian perlu tahu bahwa aku bukan anak yang beruntung, karena aku sudah tidak mempunyai keluarga lengkap. Aku ditinggalkan ayah ku semenjak umurku 5 tahun. Tapi setiap moment bersama ayahku selalu tersimpan rapi dalam memoriku. Tapi gak selamnya kok aku berpikir bahwa aku gak beruntung. Banyak orang yang sayank sama aku. Aku sekarang sudah mulai memilih jalan hidup, dan bagaimana menyikapi hidup. Itu semua aku dapat dari kisah cintaku setahun lalu ketika aku masih jadi anak abu-abu. Kalian tahu aku tak sedikit pun mau mengalah tentang apa yang ku lakukan. Aku selalu merasa benar, tapi dia membuatku berubah. Sekarang aku beri contoh dari kisah aku: sebelumnya aku minta maaf denganya bahwa aku telah masukan ini sebagai contoh kehidupan nyata. Tapi aku sayank dia. Kalian tahu pacaran itu menyenangkan ketika kita bersama, bisa berbagi saat sedih dan tawamu. Disinilah letak kesalahan yang sering terjadi. Saat seseorang takut kehilangan dia tak pernah berpikir tentang bagaimana menyikapi hidup. Dalam berpacaran kadang terjadi hal-hal sebagai berikut:
1. Keegoisan
2. Keras kepala
3. Kekerasan
4. Kebohongan
5. Perselingkuhan yg lebih dari satu.
hal-hal diatas hanya akan membuahkan hubungan yang hambar tanpa rasa. Karena aku telah mengalami itu semua. Point no 1 dan 2 yang buat aku harus kehilangan dia.
semua bisa diatasi jika kita mampu mengatur emosional kita. Yeaah aku melakukan itu hingga aku bisa melihatnya tertawa lagi bersamaku.
1. Jika punya masalah dengan pasangan kita, biarkan hati dan pikiran kita tenang masing-masing. Dan bicarakan denganya baik-baik.
2. Jangan pakai emosi dan otot yang dapat menimbulkan kekerasan,
3. Jika masalah itu sudah dibicarakan cari lah solusi bersama, bukan saling menyalahkan.
4. Jika masalah itu mengharuskan adanya perpisahan, lakukan dengan baik-baik. Jangan ada penyesalan dikemudian hari. Istilahnya awal jadian dengan cara baik-baik dan ketika berpisah dengan baik-baik pula….
5. Tetp jalin silahturahmi walaupun sudah berpisah.
6. Tapi jika masalah itu masih bisa diperbaiki lakukan lah dan berpikir bahwa takkan ada orang yang sama dalam waktu yang sama. ( sifat ya)
7. Jangan bawa-bawa keluarga dalam masalah kita. Biarkan hanya kita yang tahu… dan selesaikan sendiri.
itu lah hal-hal yang membuat hubungan dapat berjalan baik.
jika ada solusi yang lebih top cer lagi coment aja disini. Kita akan ngobrol panjang deh….!!
ok jika kalian merasa  belum bisa berhubungan dengan baik, baik dengan keluarga, teman dan pacar. Tetap lah berpikir bahwa kita didunia tidak bisa hidup sendiri Dan yang lebih penting tetep bisa berpikir dewasa dalam menyikapi masalah..,,,, J

Tidak ada komentar: